Kondisi Sosial Politik Kerajaan Majapahit Dari Masa ke Masa

Kehidupan kondisi sosial politik Kerajaan Majapahit tentu sangat menarik untuk dipelajari oleh anak muda saat ini. Apalagi Majapahit termasuk ke dalam salah satu kerajaan besar yang pernah berdiri di negara Indonesia.

Jadi, selain memiliki aspek politik sisi sosial budayanya cukup menarik untuk diperhatikan. Terlebih lagi pada masa kerajaan Majapahit tersebut masih sangat dipengaruhi oleh sistem pemerintahan, agama, budaya bahkan arsitektur bangunannya.

Dengan demikian, agar lebih jelas bagaimana kondisi sosial politik beserta sosial budaya kerajaan tersebut, inilah penjelasan lengkapnya.

Kehidupan Kondisi Sosial Politik Kerajaan Majapahit

Bukan hanya memiliki kehidupan budaya yang sangat maju, kehidupan politik pada Kerajaan Majapahit ini terbilang kompleks. Karena sistem pemerintahan akan ditetapkan oleh kerajaan, yang mana sistem monarki terdiri dari seorang raja beberapa petinggi kerajaan.

Namun, tidak ada salahnya bukan apabila membahas lebih lanjut tentang sistem dan kondisi sosial politik sebagai kerajaan terbesar di negara Indonesia ini? Maka segera ikuti pembahasan berikut ini:

Kondisi Sosial Politik Kerajaan Majapahit Dengan Raja Adalah Kekuasaan Tertinggi

Pada sistem politik Kerajaan Majapahit, raja adalah salah satu orang yang memiliki kekuasaan paling tinggi dalam pemerintahan. Tentu saja tidak bisa memerintah sendirian karena ia akan dibantu oleh beberapa petinggi kerajaan.

Contohnya seperti Patih, Mahapatih dan juga senapati. Patih dalam kondisi sosial kerajaan adalah pejabat tertinggi kedua setelah raja serta memiliki tugas ataupun tanggung jawab untuk mengatur urusan administrasi maupun keuangan dalam kerajaan.

kondisi sosial politik kerajaan Majapahit

Sedangkan untuk senapati merupakan panglima perang yang memiliki tugas dalam pengaturan keamanan serta pertahanan dari kerajaan. Sistem kerjaan ini ternyata juga punya yang namanya dewan kehormatan dan terdiri dari bangsawan.

Kondisi sosial ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam menjaga kestabilan politik maupun sosial. Merupakan orang yang harus memberikan saran beserta saran-saran kepada raja ketika mengambil sebuah keputusan. Pelajari juga kapan mencapai puncaknya kerajaan Majapahit.

Terdapat Patih Gajah Mada

Pada sistem politik Kerajaan Majapahit terdapat seorang patih yang bernama Gajah Mada. Dia merupakan tokoh yang berhasil menyatukan kerajaan-kerajaan di nusantara kemudian memperluas kekuasaan dari Kerajaan Majapahit.

Bahkan dalam sejarah kondisi kerajaan Majapahit menjadi pencetus sumpah Palapa yaitu sebuah sumpah yang memberikan pernyataan apabila dia akan terus berjuang untuk menyatukan semua wilayah nusantara agar berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit memang terkenal dengan kehidupan sosial budayanya. Bahkan seni maupun kebudayaan mampu berkembang dengan pesat pada masa pemerintahan tersebut. Salah satu contohnya adalah seni ukir, yang mana berkembang dengan sangat detail serta punya karakteristik cukup khas.

Kondisi ini cukup unik sebab berbagai macam suku bangsa hidup berdampingan serta saling berinteraksi. Diantaranya yaitu suku Jawa yang cukup dominan dalam kerajaan tersebut. Itulah penjelasan singkat tentang kondisi sosial politik Kerajaan Majapahit pada saat itu. Semoga saja ulasan ini mampu memberikan banyak manfaat kepada seluruh pembaca.