Mencapai Puncaknya Kerajaan Majapahit Abad Keberapa? Simak Mendalam

Mungkin banyak orang yang masih belum mengetahui pada masa siapa kejayaan mencapai puncaknya Kerajaan Majapahit abad ke berapa pula masa-masa tersebut terjadi. Perlu dipahami, apabila kerajaan ini sangat khas dengan corak Hindu Budha.

Raden Wijaya yang merupakan pendiri Kerajaan Majapahit memiliki gelar Sri Maharaja Kertarajasa Jayawardhana. Ia dinobatkan menjadi raja pada tanggal 15 Bulan Kartika pada tahun 1215 Saka.

Sekilas Tentang Mencapai Puncaknya Kerajaan Majapahit Abad Ke-13

Mencapai puncaknya Kerajaan Majapahit, abad ke-13 ini dimulai pada tahun 1350 hingga 1389. Namun untuk puncaknya yaitu di bawah pemerintah Raja Hayam Wuruk dan juga Mahapatih Gajah Mada.

Mengenai Raja Hayam Wuruk memang sangat terkenal sekali memerintahkan kerajaan dengan tata pemerintah yang sangat cermat bahkan terbilang teratur. Mungkin ini yang menjadikan banyak masyarakatnya semakin makmur.

Kemudian masa mencapai puncaknya kerajaan pun juga tidak akan terlepas dari peranan seorang Gajah Mada. Kenapa demikian? karena ia mampu menumpas pemberontakan bahkan bisa menyatukan Nusantara.

mencapai puncaknya kerajaan Majapahit

Dialah sosok yang mencetuskan Sumpah Palapa yang memiliki arti untuk menaklukkan murid nusantara di bawah kepemimpinan Majapahit. Bukan hal mengherankan jika puncak dari Kerajaan Majapahit abad ini cukup fenomenal.

Ragam Kesuksesan Raja Hayam Wuruk

Ketika membaca sekilas tentang mencapai puncaknya Kerajaan Majapahit ke-13 yang pimpin oleh Raja Hayam Wuruk. Tentu saja membuat banyak orang penasaran sebetulnya apa saja pencapaian yang telah ia lakukandengan cepat.

Karena mengingat Raja Hayam Wuruk adalah salah satu pemimpin yang paling terkenal dari kerajaan Majapahit jika bisa Anda bandingkan dengan masa kepemimpinan raja-raja lainnya. Maka dari itu, berikut merupakan penjelasan singkat untuk Anda:

Telah Memerintah Selama 40 Tahun

Mencapai puncaknya kerajaan ke-13 hingga 16 yang Raja Hayam Wuruk yang memimpin, ternyata terjadi selama 40 tahun. Ternyata beliau sudah mampu memperluas daerah kekuasaan dari Kerajaan Majapahit.

Antaranya adalah kawasan Sumatera, Kalimantan, semenanjung Melayu Filipina bahkan Papua Nugini. Bukan itu saja, ia termasuk ke dalam salah satu raja yang sangat pandai berdiplomasi yang akhirnya berhasil menjalin hubungan baik dengan negara tetangga seperti China.

Struktur Pemerintahan Menjadi Alasan Mencapai Puncaknya Kerajaan Majapahit Abad Ke-13

Mencapai puncaknya kerajaan ke-13, apabila melihat dari buku sejarah nasional Indonesia yang tersusun oleh Marwati Junet Pusponegoro dan Nugroho Notosusanto. Kerajaan Majapahit ini punya struktur pemerintahan dan juga hierarki birokrasi saat Hayam Wuruk tersebut bertahta.

Pada saat itu, Raja Hayam Wuruk adalah orang yang paling terpercaya sebagai penjelmaan dewa yang hadir di bumi. Alhasil memiliki otoritas paling tinggi dalam sistem pemerintahan tersebut. Namun tentu saja roda pemerintahan akan terbantu dengan susunan birokrasi.

Demikian penjelasan singkat dari mencapai puncaknya Kerajaan Majapahit abad 13 dan 16. Semoga saja penjelasan ini membuat para pembaca semakin mengenal Raja Hayam Wuruk yang sebagai pemimpin terbaik pada masa tersebut.